Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program praktik kerja industri (prakerin) siswa SMK Kompetensi KeahlianTeknik Kendaraan ringan di kota Jakarta. evaluasi praktik kerja industry tersebut dilihat dari komponen konteks, input, proses, dan produk dalam pelaksanaan prakerin. Hasil evaluasi digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan praktik kerja industry selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di kota Jakarta. Responden penelitian ini adalah 172 siswa, 29 guru pembimbing prakerin, Tim Pokja prakerin dan WKS Humas. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode CIPP (Context-Input-Process- Product). Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin) siswa SMK kompetensi keahlianTeknik Kendaraan ringan di kota Jakarta secara keseluruhan meliputi: (1) evaluasi context: a) kesesuaian kompetensi keahlian pada pelaksanaan prakerin menurut 17 (58,67%) guru dalam kategori baik b) kesesuaian kompetensi keahlian pada pelaksanaan prakerin menurut 75 (43,60%) siswa dalam kategori kurangbaik (2) evaluasi input: a) kesiapan pelaksanaan prakerin menurut 15 (51,72%) guru pembimbing berada pada kategori sangat baik; b) kesiapan pelaksanaan prakerin 97 (56,40%) siswa menyatakan dalam katagori baik, (3) evaluasi process: a) ketercapaian pelaksanaan prakerin berada pada kategori baik menurut 24 (82,76%) guru pembimbing b) ketercapaian pelaksanaan prakerin dalam katagori baik menurut 143 (83,14%) siswa, (4) evaluasi product: a) manfaat prakerin menurut 18 (62,07%) guru pembimbing sanga tbaik; b) manfaat prakerin menurut 110 (63,95%) siswa menyatakan baik.