Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
guru seluruh guru SD Gugus 2 yang ada di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang,
dengan jumlah sampel 144 guru yang diambil secara acak (Proporsional random
sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path
analysis).
Hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Terdapat hubugan positif dan signifikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar Terhadap Kinerja guru. (hasil nilai rhitung > rtabel (0,637 > 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,0)). (2) Terdapat hubugan positif dan signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja guru (hasil nilai rhitung > rtabel (0,540> 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05)). (3) Terdapat hubugan positif dan signifikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama terhadap Kinerja guru (hasil nilai rhitung > rtabel (0,812> 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05)). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi memberikan kontribusi sebesar 65,9% terhadap Kinerja guru.
|