Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Keterampilan Manajerial kepala sekolah (X1) dan Budaya Organisasi (X2) terhadap Etos kerja guru (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Budaya Organisasi terhadap etos kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial kepala sekolah terhadap Budaya Organisasi. Populasi yang terbagi ke dalam 7 gugus, dengan teknik random sampling, terpilih 15 sekolah yang terdiri dari 143 guru. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 105 orang sebagai sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode survey, instrumen dengan menggunakan skala model Likert. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Galat Taksiran (liliefors) dan uji homogenitas varians. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur. Hasil peneitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial kepala sekolah (X1) terhadap Etos kerja guru (X3) dengan persamaan regresi regresi = 7,978 + 0,894 X1 , koefisien korelasi 0,500 dan koefiisen jalur p31 = 0,500 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 13 =0,598. Kedua terdapat pengaruh langsung positif Budaya Organisasi (X2) terhadap etos kerja guru (X3), dengan persamaan regresi = 22,440 + 0,776 X2 koefisien korelasi 0,585 dan koefisien jalur p32 = 0,357 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 23 = 0,561. Ketiga terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial kepala sekolah (X1) terhadap Budaya Organisasi (X2), dengan persamaan regresi regresi = 57,406 + 0,540 X1 , koefisien korelasi 0,500dan koefisien jalur p21 = 0,500pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 12 = 0,500.