Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) terhadap Disiplin kerja guru (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Disiplin kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Kecerasan Emosional terhadap Disiplin kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Visioner kepala sekolah terhadap Kecerdasan emosional. Populasi di sekolaha dasar negeri kecamatan setiabudi, dengan teknik random sampling, terpilih 15 sekolah yang terdiri dari 143 guru. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 100 orang sebagai sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode survey, instrumen dengan menggunakan skala model Likert. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Galat Taksiran (liliefors) dan uji homogenitas varians. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur. Hasil peneitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) terhadap disiplin kerja guru (X3) dengan persamaan regresi