Abstrak  Kembali
Penelitian inibertujuan untuk menelaah dan menganalisis: (1) pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap etos kerja guru, dan (3) pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan dilaksanakan pada guru-guru SD Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan sebagai populasi yang berjumlah 146 guru dengan sampel penelitian berjumlah 107 guru yang dipilih secara proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap etos kerja guru, dengan perolehan nilai koefisien probabilitas (ρ31)= 0,402 pada taraf α = 0,05, dengan demikian gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan etos kerja guru sebesar 0,402. Budaya organisasi mempunyai pengaruh terhadap etos kerja guru, dengan perolehan nilai koefisien probabilitas (ρ32) = 0,543 pada taraf α = 0,05, dengan demikian budaya organisasi dapat mempengaruhi dalam upaya menningkatkan etos kerja guru sebesar 0,543. Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap budaya organisasi, dengan perolehan nilai koefisien probabilitas (ρ21) = 0,701 pada taraf α = 0,05, dengan demikian gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan budaya organisasi sebesar 0,701. Implikasi dari penelitian ini adalah etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan dapat ditingkatkan oleh pengaruh dari variabel gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi yang baik.