Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat pemanfataan ulang pelayanan rawat jalan khususnya untuk pasien umum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik insidental sampling. Sampel adalah pasien umum yang pernah memanfaatkan pelayanan rawat jalan di Puskesmas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi-square dan dilanjutkan ke analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan variebel yang berhubungan yaitu antara variabel pekerjaan (Pvalue = 0.022), pendapatan (Pvalue = 0.021) kehandalan (Pvalue = 0,003), daya tanggap (Pvalue = 0,002), jaminan (Pvalue = 0,048), empati (Pvalue = 0,004) dan bukti langsung pelayanan (Pvalue = 0,027) dengan minat kunjungan ulang. Berdasarkan hasil analisis multivariat, variabel daya tanggap merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan. Saran kepada Puskesmas Batusuya agar menuyusun kembali standar pelayanan rawat jalan, meningkatkan profesionalisme dan kompetensi petugas, meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan rawat jalan dan komunikasi, menyediakan sarana untuk menampung keluhan / ketidak puasan pasien, menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan Puskesmas dan meningkatkan keramahan, ketanggapan, perhatian dan kesopanan, serta perlu secara rutin memperhatikan mutu pelayanannya dalam hal kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung karena berpengaruh terhadap minat pemanfaatan ulang kunjungan.