Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ani Ajiani. Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Dengan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Negeri di gugus 8 Wilayah Binaan III Kecamatan Senen Jakarta Pusat. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja dengan Profesionalitas Guru di Sekolah Dasar Negeri di Gugus 8 Wilayah Binaan III Kecamatan Senen Jakarta Pusat. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Profesionalitas Guru, (2) tedapat hubungan antara Etos Kerja dengan Profesionalitas Guru, dan (3) terdapat hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja secara bersama-sama dengan Profesionalitas Guru. Populasi penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 8 Wilayah Binaan III Kecamatan Senen Jakarta Pusat. Dengan jumlah sampel 65 guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional, yaitu dengan teknik regresi korelasi sederhana dan ganda pada taraf signifikansi ? = 0.05. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1. Terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Profesionalitas Guru (Y) dengan persamaan regresi ? = a + b1X1 ? = 32,779 + 0.687 X1, dengan koefisien korelasi ryx1 = 0,699 pada tarap nyata ? = 0,05 yang berarti bahwa setiap kenaikan profesionalitas guru disumbang oleh variable Kepemimpinan Kepala Sekolah pada konstanta 32,779. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap prpfesionalitas guru 48,9% atau koefisien determinasi 0,489. 2. Terdapat hubungan positif antara variabel Etos Kerja (X2) dengan Profesionalitas Guru dengan persamaan regresi ? = 43,371 + 0.689 X2 dengan koefisien korelasi rYX2 = 0,573 pada taraf nyata ? = 0,05 yang beerarti bahwa setiap kenaikan profesionalitas guru disumbang sebesar o,689 oleh variabel etos kerja pada konstanta 43,371. Kontribusi antara Etos Kerja terhadap profesionalitas guru 32,84 % atau koefisien determinasi 0,3284. 3. Terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja secara bersama-sama dengan Profesionalitas Guru. Guru dengan persamaan regresi ? = 17,502+0,540X1+0,327X2,dengan koefisien korelasi rYX1X2 = = 0,735 pada taraf nyata ? = 0,05 yang berarti bahwa setiap kenaikan profesionalitas guru disumbang sebesar 0, 540 atau 0,327 oleh variabel kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja pada konstanta 17.502. Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja terhadap profesionalitas guru 54,0 %. Dalam hal ini kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja baik secara sendirisendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang berarti terhadap profesionalitas guru. Dengan kata lain profesionalitas guru pada sekolah Dasar Negeri di gugus 8 wilayah binaan III Kecamatan Senen Jakarta pusat dapat ditingkatkan melalui Kepemimpinan kepala sekolah yang bertanggung jawab serta etos kerja guru yang disiplin dan lebih baik serta dapat menciptakan situasi dan kondisi yang dapat meningkatkan disiplin kerja guru. Dan pada akhirnya proofesionalitas guru akan tercapai apabila kepala sekolah dan guru sama-sama meningkatkan etos kerjanya. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Profesionalitas Guru