ABSTRAK Lisda Rahmawati. 2011. Evaluasi Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Juara, Jl. Balik Papan I No. 39A, Jakarta Pusat. (CIPP Evaluation Model) Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar Juara Jakarta Pusat telah sesuai dengan standar pendidikan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dengan fokus penelitian delapan dimensi manajemen pendidikan ditinjau dari konteks, input, proses dan produk (CIPP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Kuesioner digunakan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian antara delapan dimensi manajemen pendidikan dengan realitas pelaksanaan pendidikan di SD Juara Jakarta Pusat. Data utama berupa wawancara dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lain serta orang tua siswa. Data pendukung, berupa literatur kepustakaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang manajeman sekolah dasar secara teoritis yang ditinjau dari delapan dimensi manajemen pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan tersebut. Hasil evaluasi disimpulkan bahwa SD Juara Jakarta Pusat: (1) Social culture, sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran. (2) memaksimalkan Learning process effectively agar tercipta pembelajaran yang efektif (3) bidang Economic and financial merupakan kekuatan karena di bawah lembaga finansial yang mengakomodasi dan mengalokasikan dana hibah (zakat dan infak) (4) Organizational behaviour sudah mempunyai POS (Prosedur Operasi Stadar) yang telah ditetapkan oleh lembaga. (5) Human Resourcess Development, merupakan personal yang menguasai bidangnya masing-masing, (6) Low and political, penegakan disiplin dan secara politik, SD ini telah diakui oleh masyarakat sebagai sekolah unggulan. (7) Profesionalizm merupakan pembentukan karakter dan pencapaian prestasi di sekolah ini. (8) Technological, sudah diterapkan, walaupun secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat usia dari peserta didik. Rekomendasi hasil evaluasi ini diharapkan agar : (1) dibentuk tim khusus bidang social culture agar budaya setempat menjadi kekuatan dan kebijakan lokal dalam peningkatan potensi peserta didik (2) mendatangkan nara sumber yang kompeten sebagai pembelajaran riil (3) menjadi lembaga alternatif pemecahan masalah ekonomi keluarga peserta didik (4) menjadikan akhlakul karimah Rasulullah SAW menjadi pribadi setiap personal sekolah (5) menggali potensi SDM sekitar sekolah agar dirasakan sebagai milik masyarakat sekitar (6) berperan sebagai contoh pentingnya penyaluran zakat secara terorganisasi. (7) para guru harus melakukan pemantauan terhadap perilaku siswa diluar sekolah, (8) segera mengupayakan gedung SD Juara yang representatif agar proses belajar berlangsung lebih maksimal.
|