ABSTRAK Asnimar, Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA Jakarta, 2011 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan, kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hipotesis penelitian: (1) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimipinan kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Matraman, Jakarta Timur dengan metode survei. Responden penelitian guru-guru yang berjumlah 95 orang (30 orang untuk uji coba dan 65 orang untuk penelitian), dipilih berdasarkanteknik sensus sampling yaitu semua sampel dijadikan obyek penelitian. Instrumen menggunakan kuesioner prestasi guru sebagai variabel terikat, sedangkan instrumen kuesioner gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional sebagai variable bebasnya. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dengan skala Likert. Pengujian validitas instrumen dengan menggunakan rumus pearson product moment dan perhitungan koefisien reliabilitas dilakukan dengan rumus alpha cronbach. Penggolahan data menggunakan microsoft excel 2003 Hasil analisa data menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimipinan kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru. Didapatkan koefisien p31 0,365 dan koefisien korelasi 0,897 (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru. Didapatkan koefisien p32 0,587 dengan koefisien korelasi 0,919 (3) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional. Didapatkan koefisien p21 0,91 dengan koefisien korelasi 0,905. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa prestasi kerja guru akan meningkat apabila gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional kepala sekolah meningkat. Hasil penelitian ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional dalam upaya meningkatkan prestasi kerja guru secara efektif.
|