ABSTRAK MAEMUNAH. Pengaruh komitmen kelpala sekolah dan iklim sekolah terhadap kemandirian Guru di MAN kota Cilegon. Tesis. Program pascasarjana universitas muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta. 2011 Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kemandirian guru di MAN kota Cilegon. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung komitmen kepala sekolah terhadap kemandirian guru. 2) Terdapat pengaruh langsung iklim sekolah tehadap kemandirian guru. 3) Terdapat pengaruh langsung komitmen kepala sekolah terhadap iklim sekolah. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah semua guru Madrasah AliyahNegeri kota Cilegon. Sample penelitian sebanyak 55 orang guru. Metode yang dipergunakan adalah metode survey kasual. Instrument uang digunakan dalam mengumulkan data adalah kuesioner dengan tiga instrument yaitu: komitmen kepala sekolah, iklim sekolah, dan kemandirian guru. Pengujian validitas menggunakan rumus pearson Product Moment dan reliabilitasnya dianalisis dengan rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan program computer SPSS 15 for Windows. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial. Statistika deskriptif meliputi perhitungan rerata, median, modus, simpangan baku, varians, pembuatan distribusi frekuensi dan histogram dari setiap variable. Sedangkan statistika inferensial menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi sederhana dan analisis jalur. Sebelum dianalisis dengan statistika inferensial terlebih dahulu dilakukan pengujuan persyaratan analisis yang meliputi pengujian normalitas, homogenitas dan linieritas, Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program Exell dan SPSS for Windows versi 15. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan komitmen kepala sekolah terhadap kemandirian guru (P31 = 0,346, r13 = 0,626 t hitung = 2,177). 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan iklim sekolah terhadap kemandirian guru (P32 = 0,368 r23 = 0,761 t hitung = 8,549. Implikasi dalam penelitian ini yaitu: 1) Kemandirian guru dapat ditingkatkan denagn: (a) Melibatkan guru dalam pengambilan keputusan melalui gagasan dan ide-ide yang diberikan yang membuat guru mengekplorasikan sagala kemampuan secara mandiri dalam mengatasi persoalan pembelajaran. (b) Memberikan kepercayaan kepada guru dalam miningkatan kualitas pendidikan. (c) Memberikan dukungan berupa kontribuasi pemikiran dalam penyelesaian setiap persoalan yang terjadi dilembaga yang dpimpinnya agar lebih baik dan berkembang. 2) Komitmen kepala Sekolah akan mengarahkan sekolah ke arah yang lebih baik jika: (a) Kebajikan yang dimunculkan oleh kepala sekolah mengaktualisasikan aspirai positif guru. (b) Motivasi dalam bekerja diberikan diberikan oleh kepala sekolah. (c) Memberikan kepercayaan kepada guru untukpengembangan diri. (d) Birokrasi yang ada pada aturan mereka terhadap kebutuhan-kebutuhan guru. (e) Adanya pengawasan serta pengecekan tugas secara professional. 3) Iklim sekolah dapat ditingkatkan dengan: (a) Stiap warga sekolah memahami visi dan misi sekolah, sehingga terjadi pengertian yang selaras serta terciptanya kerjasama yang baik. (b) Kelengkapan beberapa fasilitas sekolah termasuk perangkat pembelajaran. (c) Peningkatan kerjasama dengan pihak orang tua murid.
|