Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memproleh data empirik dan informasi mengenai strategi pemasaran program unggulan jumlah pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan mengidentifikasi kondisi lengkap internal dan eksternal serta mengevaluasi strategi pemasaran yang dilaksanakan. Berdasakan hasil penelitian, analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini maka diketahui bahwa: penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data yang akan dideskripsikan pada penelitian ini adalah data primer melalui wawancara dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui Focus Group Discussion (FGD) yaitu wawancara denganPejabat struktural dan 3 orang pegawai dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta serta 3 orang pelanggan/customer yang datang ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari buku laporan tahunan dan buku rencana strategis Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Produk unggulan akan benar-benar menjadi unggul apabila terpenuhi kondisi dinamika kelompok, pelayanan prima, tenaga analisis yang kompeten dan peralatan yang canggih. 2. Pemasaran produk unggulan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta selama ini sudah diterima masyarakat sudah menjadi unggulan sesuai kualitas pelayanan, hanya untuk kegiatan pemasaran melalui promosi perlu ditingkatkan agar produk unggulan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta menjadi unggul. 3. Dalam strategi pencapaian produk unggulan faktor produk yang lengkap memudahkan pelanggan dalam memilih pemeriksaan laboratorium, harga pemeriksaan laboratorium sesuai peraturan pemerintah sangat terjangkau dibandingkan laboratorium swasta sehingga produk unggulan akan lebih diminati oleh pelanggan, serta kondisi tempat (sarana dan prasarana) sangat menentukan terhadap kenyamanan pelanggan, terutama dari faktor lokasi yang sangat strategis. Dengan diketahuinya kondisi strategi pemasaran produk unggulan pemeriksaan laboratorium Kesehatan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, maka diharapkan pihak Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta lebih menitikberatkan pada peningkatan dan pengembangan kegiatan pemasaran dengan membentuk tim pemasaran produk unggulan serta mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pemasaran tersebut, sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk unggulan yang tersedia yang akan berdampak pada peningkatan jumlah pemeriksaan dan pendapatan Balai Besar laboratorium Kesehatan Jakarta.