Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Perhatian Orang tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SD. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah siswa untuk populasi sebanyak 195 orang dan didapat sampel penelitian sebanyak 131 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perhatian Orang Tua siswa berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika dengan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,498 dan F hitung (F change) sebesar 32,958 , dengan p-value sebesar 0,000 < 0,005. Dan pada koefisiean jalur (p31) sebesar 0,498 dan t0 sebesar 5,448 dengan p-value 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh langsung positif Perthatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika. Sedangkan hasil analisis temuan penelitian pada Motivasi Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika siswa dengan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,150 dan F hitung (F change) sebesar 2,288 dengan p-value sebesar 0,134 > 0,05 . Namun pada koefisiean jalur (p32) sebesar 0,000 dan t0 sebesar -0,005 dengan p-value 0,996 > 0,05 atau H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh langsung Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.