Hipotesis penelitian ini adalah (1) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa secara keseluruhan yang diajar dengan metode resitasi lebih baik daripada yang diajar dengan metode ceramah (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (3) Pada siswa yang memiliki gaya belajar mandiri, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode resitasi lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode ceramah (4) Pada siswa yang memiliki gaya belajar bergantung, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode Resitasi lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode Ceramah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Multi stage Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 84 siswa yang memiliki gaya belajar berbeda yaitu gaya belajar mandiri dan gaya belajar bergantung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ANAVA dua jalur.
|