Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Kartu Prabayar Esia, khususnya pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta. Hipotesis yang diuji adalah 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan promosi penjualan dan kualitas pelayanan secara bersamaan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi objek penelitian ini adalah para mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta tahun akademik 2008/2009 yang berjumlah 404 mahasiswa/i dan yang menggunakan produk kartu prabayar telepon seluler Esia sebanyak 171 mahasiswa/i. Dari 171 mahasiswa/i tersebut yang dijadikan sampel penelitian ini, sesuai dengan rumus Slovin adalah sebanyak 63 mahasiswa/i, dengan rincian 21 mahasiswa/i semester 2, 21 mahasiswa/i semester 4 dan 21 mahasiswa/i semester 6. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada para pelanggan kartu prabayar telepon seluler Esia, khususnya mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta yang menggunakan kartu prabayar telepon seluler Esia. Temuan penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: a) terdapat pengaruh positif dan signifikan, tetapi berkorelasi lemah atas kegiatan promosi penjualan Esia terhadap loyalitas pelanggan Esia, b) terdapat penagruh positif dan signifikan, serta berkorelasi cukup kuat atas kualitas pelayanan Esia terhadap loyalitas pelanggan Esia, c) terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan, serta berkorelasi cukup kuat atas kegiatan promosi penjualan Esia dan kualitas pelayanan Esia secara serentak atau bersamaan terhadap loyalitas pelanggan Esia. Implikasi penelitian diharapkan upaya peningkatan kegiatan promosi penjualan dan peningkatan kualitas pelayanan dari PT. Bakrie Telecom Tbk. sebagai operator telepon seluler Esia agar tercipta pelanggan yang loyal terhadap produk perusahaan.
|