Abstrak  Kembali
ABSTRAK Arfani. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi yang diterima Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bintan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) kompensasi yang diterima guru terhadap kepuasan kerja guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompensasi yang diterima guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif kompensasi yang diterima guru terhadap kepuasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompensasi yang diterima guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di kabupaten Bintan, populasi terjangkau adalah Guru Sekolah Dasar di kecamatan Tambelan, kecamatan Bintan pesisir dan kecamatan Mantang sebanyak 110 guru. Sedangkan jumlah sample penelitian sebanyak 42 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung dengan bantuan Sofware SPSS versi 18. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Skewness, Kurtosis dan Kolmogorov-Smirnove dan pengujian homogenitas menggunakan uji probalitas signifikan. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linear ?3 = 3,081 + 0,290X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,304 dan koefisien determinasi sebesar 0,092, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 9,2% pada taraf ? = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung kompensasi yang diterima guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linear ?3 = 2,513 + 0,427X2 dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,394 dan koefisien determinasi sebesar 0,156 sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 15,6% pada taraf ? = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompensasi yang diterima guru, dengan persamaan regresinya ?2 = 2,487 + 0,398X1 dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,450 dan koefisien determinasinya sebesar 0,203, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 20,3% pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kepuasan kerj guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepemimpinan kepel sekolah dan kompensasi yang diterima guru secara signifikan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru.