ABSTRAK Istianah Nur Khoirin. Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) Dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus RSBI SMA Lazuardi Global Islamic School Depok Jawa Barat). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka, 2011 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi secara obyektif dan mengetahui pencapaian keberhasilan penerapan program. Banyak aspek yang dapat mempengaruhi suatu pogram agar dapat berhasil. Penelitian ini adalah suatu penelitian evaluatif berdasarkan pada model CIPP yang dikembangkan Stufflebeam, meliputi empat komponen yaitu : konteks, input, proses dan produk. Dalam penelitian ini diterapkan metode studi kasus dengan tipe penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, kuisioner, dan observasi. Data kemudian digolongkan kedalam kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi, berdasarkan standar yang ditentukan. Setelah itu dibuat judgement atau penilaian pada setiap tahap evaluasi, dan kemudian keputusan. Penemuan pada evaluasi konteks menunjukkan bahwa penerapan TIK di RSBI SMA sangat dibutuhkan warga sekolah dengan sasaran modernisasi administrasi dan manajemen sekolah serta peningkatan hasil belajar siswa. Mempertimbangkan faktafakta sebelumnya, masih ada beberapa aspek dalam evaluasi konteks, input, proses, dan produk yang perlu ditingkatkan supaya TIK dapat diterapkan dengan efektif dan mencapai target. Berdasarkan data-data dan pembahasan hasil evaluasi program maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan TIK di SMA Lazuardi GIS Depok Jawa Barat berjalan dengan sangat baik dan memenuhi target program RSBI pada tahap pemberdayaan. Selanjutnya, penerapan TIK di sekolah dapat mendukung program RSBI tahap mandiri.
|