Abstrak  Kembali
ABSTRAK Suryansyah. Hubungan Antara Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Melawi. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA Jakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) Iklim organisasi dengan Kinerja Guru, (2) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, (3) Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru, (2) terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, (3) terdapat hubungan positif antara Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama dengan Kinerja Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil yang mengajar di SMP Negeri di Kabupaten Melawi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 orang guru. Untuk menjaring data variabel tentang Iklim Organisasi (X1) dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) serta Kinerja Guru (Y) dipergunakan instrumen berupa angket dengan model skala likert. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument penelitian dipergunakan aplikasi softwere Excel 2010 dan persamaan Product momen. Instrument yang valid dan reliable disebarkan pada responden yang dijadikan sampel dalam enelitian ini yang berjumlah 82 orang guru diluar uji coba penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif antara Iklim Organisasi (X1) dengan Kinerja Guru (Y), dengan koefisien ry1 = 0,372 pada taraf ? = 0,05 dan persamaan regresi Ý = 143,713 + 0,359X1. Kedua, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) dengan Kinerja Guru (Y), dengan koefiisen ry2 = 0,576. pada taraf ? = 0,05 dan persamaan regresi Ý = 67,592 + 0,160X2. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Iklim Organisai (X) dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X) secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y), diperoleh koefisien korelasi ry1.2 = 0,022 pada taraf ? = 0,05 dan persamaan regresi Ý = 12,598 + 0,359X1 + 0,160X2. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, diharapkan akan dapat memberikan konstribusi dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan,implikasi, dan saran penelitian ini.