Abstrak  Kembali
ABSTRAK PARIDA. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Terhadap Kreativitas Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Tanjung Pinang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas guru ? apakah terdapat pengaruh iklim kerja terhadap kreativitas guru ? dan apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim kerja ? Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas guru ? (2) terdapat pengaruh iklim kerja terhadap kreativitas guru? (3) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim kerja. Penelitian dilaksanakan di wilayah Tanjungpinang yang meliputi Sekolah Menengah Pertama Negeri di Tanjungpinang. Metode penelitian dilakukan melalui metode survey dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Sampel Random Sampling, responden penelitian terdiri dari guru yang terdaftar di SMPN Tanjungpinang terdiri dari 4 SMPN, dari jumlah tersebut populasi guru adalah 144 orang, masingmasing guru memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel dalam penelitian adalah 106 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket kreativitas guru sebagai variable endogen sedangkan angket kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan angket iklim kerja sebagai variabel eksogen. Sedangkan ketiga instrumen divalidasi menggunakan korelasi Product MomentI dan kehandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kehandalan masing-masing instrument adalah sebagai berikut: kepemimpinan transformasional kepala sekolah r11 = 0.932, iklim kerja r11 = 0.933, kreativitas Guru r11= 0.963, selanjutnya analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: pertama, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1)terhadap kreativitas Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 46,729 + 0,761 X1 dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,771 pada taraf signifikan 0.05 (5%), kedua terdapat pengaruh langsung iklim kerja (X2) terhadap kreativitas Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 42,243 + 0,721 X2 dan koefisien korelasi (r32) sebesar 0,721 pada taraf signifikan 0.05 (5%) dan ketiga terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap iklim kerja ( X2) dengan persamaan regresi X3 = 84,932 + 0,410X2 dan koefisien korelasi (r32) sebesar 0,410 pada taraf signifikan 0.05 (5%). Hasil penelitian ini berguna untuk mengoptimalkan ketepatan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan memperbaiki iklim kerja dalam upaya meningkatkan kreativitas Guru.