Abstrak  Kembali
ABSTRAK Erni Mawarni, Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru di SMK Negeri Jakarta Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : (1) Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru, (2)Hubungan antara Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru, (3) Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) Terdapat hubungan positif antara komitmen organisasi dengan kepuasan kerja guru, (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru PNS yang bertugas di SMK Negeri Jakarta Utara yang berjumlah 273 guru. Dengan 30 guru sebagai sampel uji coba dan 70 guru sebagai sampel penelitian. Dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel kepuasan kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi adalah angket model skala Likert. Validitas ketiga instrument tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistic korelasi sederhana, ganda dan parsial, linearitas, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru melalui persamaan garis regresi ? = 27,35 + 0, 659X1, koefisien korelasi (ry1) = 0,585 pada taraf signifikan ? = 0,05. Kedua, Terdapat hubungan yang positif dan singnifikan antara Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru melalui persamaan regresi ? = 40,74 + 0,529X2, koefisien korelasi (ry2) = 0,553 pada taraf signifikan ? = 0,05, dan Ketiga, terdapat hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru melalu persamaan regresi ? = 3,387 + 0,500X1 + 0,376X2, koefisien korelasi (ry2.1) = 0,452 pada taraf signifikan ? = 0,05. Melalui korelasi parsial diperoleh : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru dengan mengendalikan variabel komitmen organisasi, dengan kontribusi sebesar 34,22%, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Komitmen Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru dengan mengendalikan variabel komitmen organisasi, dengan kontribusi sebesar 29,41%, dan (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru, dengan kontribusi sebesar 47,70%. Hasil penelitian ini berguna bagi perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini bahwa Kepuasan Kerja Guru dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Organisasi.