Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh bentuk penilaian formatif dan sikap siswa terhadap hasil belajar KKPI, (2) Apakah terdapat interaksi antara bentuk penilaian formatif dengan sikap siswa terhadap hasil belajar KKPI, (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar KKPI, siswa yang bersikap positif terhadap mata pelajaran KKPI yang diberikan bentuk penilaian kinerja dengan yang diberikan bentuk penilaian tertulis pilihan ganda, dan (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar KKPI, siswa yang bersikap negatif terhadap mata pelajaran KKPI yang diberikan bentuk penilaian kinerja dengan yang diberikan bentuk penilaian tertulis pilihan ganda. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar KKPI siswa yang diberikan bentuk penilaian kinerja lebih tinggi dari pada siswa yang diberikan bentuk penilaian tertulis pilihan ganda. (2) Terdapat interaksi antara bentuk penilaian formatif dan sikap siswa terhadap terhadap hasil belajar KKPI. (3) Hasil belajar KKPI siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran KKPI, yang diberikan bentuk penilaian kinerja lebih tinggi dari pada siswa yang diberikan bentuk penilaian tertulis pilihan ganda. (4) Hasil belajar KKPI siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran KKPI, yang diberikan bentuk penilaian kinerja lebih rendah dari pada siswa yang diberikan bentuk penilaian tertulis pilihan ganda. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah treatment by level dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMKN 1 Sungailiat. Proses sampling yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik multi stage random sampling. Pengambilan data hasil belajar KKPI dilakukan dengan instrument tes hasil belajar bentuk pilihan ganda dan skala penilaian, sedangkan sikap siswa terhadap mata pelajaran KKPI menggunakan skala likert. Data yang terkumpul diolah menggunakan Uji-Lilliefors, Uji-Bartlett, ANAVA, dan Uji- t.