Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada SMK Negeri 12 Jakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan melibatkan 72 siswa kelas X sebagai sampel. Model penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan angket motivasi belajar siswa dengan koefisien reliabilitas masing masing 0,815 dan 0,651. Data hasil eksperimen dianalisis dengan menggunakan teknik ANAVA dua arah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind mapping lebih tinggi dibanding metode pembelajaran reciprocal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Reciprocal, (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode Mind Mapping lebih rendah dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode reciprocal. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.