Abstrak  Kembali
Penelitian iri bertujuan untuk mengetahui hubungan artara (1) Ganjaran nonfinansiai dengan Kepuasan kerja guru, (2) Motivasi kerja guru dengan Kepuasan kerja guru, dan (3) Ganjaran nonfinansial dan Motivasi kerja guru secara bersama-sam dengan kepuasan kerja guru. Hipotesis yang akan diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif artara ganjaran nonfinansial dengan kepuasan kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru, (3) terdapat hubungan positif antara ganjaran nonfinansial dan motivasi kerja guru secara bersarna-sama dengan kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMU YUPPENTEK I Cikokol Tangerang Banten, bulan Maret hingga April 2002. Populasi penelitian adalah guru SMU YUPPENTEK I Cikokol Tangerang Banten. Sampelnya berjumlah 60 orang guru, yang diambll dan 93 orang guru secara acak. Instrumen untuk mengambil data adalah angket model Skala Likert, baik untuk kepuasan kerja guru (Y), Ganjaran nonfinansial (XI), dan Motivasi kerja guru (X2). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan tekhnik analisis kolerasi product moment, dan analisis regresi ganda. interprestasi hasil analisis data menggunakan signifikasi ix= 5%. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan positif Ganjaran nonfinansial dengan Kepuasan Kerja Guru ( ry1 = 0,446 dan r = 0,199), dari persamaan garis linear sederhana Y= 38,234 + 0,504X1 (2) terdapat hubungan positif antara Motifasi Kerja Guru dengan Kepuasan Kerja Guru ( rye = 0,386 dan r 2y2 = 0,149), dari persamaan garis linear sederhana Y= 33,829 + 0,507X2 dan (3) terdapat hubungan positif antara Ganjaran nonfinansial dan Mctivasi Kerja Guru secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru( Ry1 = 0,347 dan R 2y1 = 0,121), dari persarnaan garis Y= 10,60 + 0.428X'1 + 0, 369X2. Berdasarkan hasil peneiitian diatas, dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama ganjaran nvnfinansiai dan mativasi kerja guru menrberi sumbangan yang berarti kepada kepuasan kerja guru. lnl menunjukan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi predikator yang balk bagi peningkatan kepuasan kerja guru.