Abstrak  Kembali
Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika antara siswa yang diberi perlakuan metode Problem Based Learning dan metode Direct Teaching , (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Elektronika, (3) Untuk kelompok siswa dengan motivasi berprestasi tinggi, terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika antara siswa yang diberi perlakuan metode Problem Based Learning dan metode Direct Teaching, (4) Untuk kelompok siswa dengan motivasi berprestasi rendah, terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika antara siswa yang diberi perlakuan metode Problem Based Learning dan metode Direct Teaching. Metode yang digunakan adalah Eksperimen treatment by level 2 x 2. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TEAV SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi yang berjumlah 105 siswa. Dan sampelnya berjumlah 72 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda, dan hasil diperoleh dengan KR-20 adalah r11 = 0,905,. Sedangkan variabel motivasi berprestasi menggunakan angket model skala Likert. Keterandalannya dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dengan hasil r11 = 0,929. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan ANAVA dua jalan, yang dilanjutkan dengan uji Tukey dan uji t-Dunnet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh hasil belajar antara metode pembelajaran Problem Based Learning dan metode Direct Teaching, dimana hasil belajar Elektronika siswa yang diberi metode problem based learning lebih tinggi dari pada yang diberi metode pembelajaran direct teaching. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Elektronika. Ketiga, untuk kelompok siswa bermotivasi berprestasi tinggi, terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika antara siswa yang mendapatkan perlakuan metode Problem Based Learning lebih tinggi dari pada yang diberi metode Direct Teaching.Keempat, untuk kelompok siswa bermotivasi berprestasi rendah, tidak terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika antara siswa yang diberi perlakuan metode Problem Based Learning dengan yang diberi metode Direct Teaching. Hasil diharapkan berguna bagi perbaikan mutu pendidikan.