Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi hubungan antara (1). Kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2). Iklim sekolah dengan kepuasan kerja guru (3). Kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah (1). Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2). Terdapat hubungan positif antara ikiim sekolah dengan kepuasan kerja guru (3). Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon dengan populasi 151 guru, sampel diambil secara random sampling yang berjumlah 60 orang guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survay dengan alat pengumpul data menggunakan angket model skala Likert, setelah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Alpha Cronbach, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikasi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukan oleh koefisien korelasi ry1= 0,483 dan ? = 118,498+ 0264 X1, (2).Terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukan oleh koefisien korelasi ry2= 0,542 dan ? = 106,285+0,3877 X2, (3). Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru yang ditunjukan oleh koefisien korelasi Ry12 =0,562 dan ? =30,050+ 0,112 X1 + 0,286 X2. Berdasarkan analisis korelasi, penelitian ini menyimpulkan bahwa besarnya sumbangan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru adalah 23,3%, besamya sumbangan variabel iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru adalah 29,4%, dan besarnya sumbangan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru adalah 31,6%. Hasil penelitian dapat digunakan untuk memperbaiki perkembangan mutu pendidikan di SD Negeri Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon dengan cara meningkatkan kemampuan manajerial kepala sekolah dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif serta meningkatkan kepuasan kerja guru.