Abstrak  Kembali
Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengungkap hubungan antara pembinaan personil dengan prestasi kerja Pegawai Dinas Pendidikan Propinsi Banten, hubungan antara disiplin kerja pegawai dengan prestasi kerja Pegawai Dinas Pendidikan Propinsi Banten, serta hubungan antara pembinaan personil dan disiplin kerja pegawai secara bersama-sama dengan prestasi kerja Pegawai Dinas Pendidikan Propinsi Banten. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara pembinaan personil dengan prestasi kerja pegawai, (2) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja pegawai dengan prestasi kerja pegawai, (3) terdapat hubungan positif antara pembinaan personil dan disiplin kerja pegawai secara bersama-sama dengan prestasi kerja pegawai. Penelitian ini dilakukan dengan metode Survei. Populasi target adalah 80 pegawai dan sampel diambil 60 dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen peneiitian didasarkan atas validitas isi dan keterandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menyimpulkan, hal-hal sebagai berikut: pertama, terdapat hubungan positif antara pembinaan personil (X5) dengan prestasi kerja pegawai (Y) dengan persamaan regresi Y- = 732178 + 0,5334X1 dan koefisien korelasi ada!ah ry1 = 0,471 dan ts,,su,g 4,071 signifikan pada taraf nyata 0,05 dan dk 58. Kedua, terdapat hubungan positif antara disiplin kerja pegawai (X2) dengan prestasi kerja pegawai (Y) dengan persamaan regresi adalah Y = 86,8713 + 0,4736X2 dan koefisien korelasi adalah rye = 0,455 signifikan pada taraf nyata 0,05 dan dk 58. Ketiga, terdapat hubungan positif.