Abstrak  Kembali
Pelaksanaan Penilaian Autentik merupakan bagian dari penilain guru dalam kegiatan belajar mengajar pada kurikulum 2013. Penilaian autentik yang dilakukan guru mencakup tiga ranah yang penting dalam menggali potensi siwa yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Countanance Stake untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 Pagi Jakarta Barat dengan Standar Evaluasi yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, siswa Kelas IV dan orang tua murid kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Data analisis menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil Evaluasi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 Pagi yakni, a) aspek masukan (anttecedents): Indikator kurikulum, kebijakan sekolah, program semester, dan RPP sesuai dengn standar evaluasi dan lengkap dan dapat dilanjutkan, indikator format penilaian sudah sesuai standar evaluasi dan belum lengkap, sedangkan silabus belum sesuai dengan standar evaluasi yang ditentukan sehingga perlu perbaikan, b)aspek proses (transaction): Indikator perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian autentik sudah sesuai dengan standar evaluasi, dan dapat dilanjutkan namun masih ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, seperti penyusunan kisi-kisi penilaian aspek sikap,pengetahuan, dan keterampilan, format penilaian aspek sikap, dan keterampilan pada setiap pembelajaran perlu diperbaiki dan buku analisis penilaian autentik, dan pelaksanaan penilaian yaitu pada aspek sikap dan keterampilan perlu dilaksanakan dengan rencana yang dibuat guru sebelum memulai penilaian, sedangkan Indikator kendala yang dihadapi guru yaitu banyak, dan lamanya dalam sistem penilaian, c) aspek hasil (outcomes): Indikator hasil pelaksanaan penilaian autentik di kelas sudah sesuai dengan standar evaluasi dan dapat dilanjutkan hanya saja sekolah perlu melengkapi dengan buku KKM dan indikator perkembangan aplikasi siswa di rumah berdasarkan laporan dari sekolah dan berdasarkan temuan di lapangan sudah sesuai dengan standar evaluasi siswa yaitu berdasarkan laporan pelaksanaan penilaian guru, adanya perubahan sikap lebih positif dirumah, perubahan pengetahuan lebih baik dan mendalam serta siswa menjadi lebih kreatif. Berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan maka sistem penilaian autentik di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 pagi dapat dilanjutkan.