Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Motivasi dengan Kinerja Pengawas Sekolah TK. SD. SDLB. di Kabupaten Brebes. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat hubungan yang positif antara Pendidikan dan Latihan (Diklat) dengan Kinerja Pengawas, (2) Terdapat hubungan positif antara Motivasi dengan Kinerja Pengawas, (3) Terdapat hubungan positif antara Pendidikan dan Latihan (Diklat) dan Motivasi dengan Kinerja Pengawas. Penelitian ini bersifat survai, dengan mencari hubungan antara variabel babas dan variabel terikat, sedangkan populasi target adalah Pengawas Sekolah TK, SD, SDLB di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Brebes, diambil sejumlah 58 Pengawas oleh karena subyeknya meliputi semua yang terdapat di dalam populasi maka penelitian ini disebut Penelitian Populasi. Untuk menghitung validitas. instrumen penelitian, menggunakan rumus Pearson Product Moment dan untuk menghitung realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrumen adalah sebagai berikut : Pendidikan dan Latihan (Diklat) (X1) mempunyai r = 0,973, Motivasi (X2) r = 0,980, dan Kinerja Pengawas (Y) r = 0,979. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif antara Pendidikan dan Latihan (Diklat) (XI) dengan Kinerja Pengawas (Y), dengan persamaan regresi Y = 88,313 + 0,521X1 dengan koefisien korelasi Ryl = 0,646 pada taraf a = 5%. Kedua, terdapat hubungan positif antara Motivasi (X2) dengan Kinerja Pengawas (Y), dengan persamaan regresi = 71,446 + 0,626X2 dengan koefisien korelasi Rye = 0,693 pada taraf a = 5 %. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Pendidikan dan Latihan (Diklat) (X1) dan Motivasi (X2) dengan Kinerja Pengawas (Y), dengan persamaan regresi Y = 41,919 + 0,349X1 + 0,463X2 koefisien korelasi Ry 12 = 0,797 pada taraf a = 5 %. Harapan kami hasil penelitian ini dapat berguna bagi para Pengawas Sekolah TK, SD, SDLB di Kebupaten Brebes untuk memahami faktor-faktor intelektual yang dapat mempengaruhi Kinerja Pengawas sekaligus sebagai masukan bagi para Pengawas Sekolah TK, SD, SDLB didalam meningkatkan mutu Pelayanan melalui peningkatan Kinerja.