Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara Komitmen Tugas dan Iklim Komunikasi Internal di Sekolah dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hipotesis yang diuji: (1) terdapat hubungan positif antara Komitmen Tugas dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial. (2) terdapat hubungan positif antara Iklim Komunikasi Internal di Sekolah dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial. (3) terdapat hubungan positif antara Komitmen Tugas dan Iklim Komunikasi Internal di Sekolah secara bersama-sama dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian survei. Responden penelitian guru bina berjumlah 96 orang (30 orang untuk uji coba dan 66 orang untuk penelitian), dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen menggunakan angket Kualitas Pengelolaan Tutorial sebagai variabel terikat, sedangkan instrumen angket Komitmen Tugas dan angket Iklim Komunikasi Internal di Sekolah sebagai variabel bebas. Instrumen angket Kualitas Pengelolaan Tutorial, Komitmen Tugas dan Iklim Komunikasi Internal di Sekolah divalidasi dengan rumus Koreiasi product moment, sedangkan reliabilitas diukur dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik Korelasi dan regresi (sederhana/jamak). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara Komitmen Tugas dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial, dimana koefisien Korelasi ry1 = 0,82 pada taraf signifikansi 0,05 dan persamaan Korelasi ? = 11,83 + 0,89 X1, (2) terdapat hubungan positif antara Iklim Komunikasi Internal di Sekolah dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial, dimana koefisien Korelasi ry2 = 0,52 pada taraf signifikansi 0,05 dan persamaan Korelasi ? = 70,10 + 0,38 X2 dan (3) terdapat hubungan positif antara Komitmen Tugas dan. Iklim Komunikasi Internal di Sekolah secara bersama-sama dengan Kualitas Pengelolaan Tutorial dimana Ry.12 = 0,86 pada taraf signifikansi 0,05 dan persamaan regresi jamak ? = 1,35 + 0,79 X1 + 0,24 X2. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa Kualitas Pengelolaan Tutorial dapat meningkat apabila Komitmen Tugas dan Iklim Komunikasi Internal di Sekolah juga meningkat. Upaya peningkatan Komitmen Tugas dilakukan melalui: pelatihan, pertemuan berkala dan pemberian insentif yang lebih baik. Sedangkan upaya peningkatan Iklim Komunikasi Internal di Sekolah dilakukan melalui: pelatihan, rapat-rapat berkala dan diskusi terbuka antara pengelola SMA terbuka.
|