Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penilaian formatif autentik dan kemampuan numeric terhadap hasil belajara permesisnan CNC di jurusan Teknik Mesin fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 meliputi pengambilan data dengan menggunakan instrument kemampuan numeric dan hasil belajar permesinan CNC yang dilakukan kepada para peserta didik yangtengah mengikuti perkuliahan permesinan CNC. Hasil analisis data untuk persyaratan analisis menunjukan bahwa data terdistribusi normal dan homogeny pada semua kelompok. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikit (a) hasil belajar permesinan CNC peserta didik yang diberi penilaian formatif autentik bentuk project work lebih tinggi dari pada hasil belajar permesinan CNC peserta didik yang diberi penilaian autentik bentuk unjuk kerja, terdapat perbedaan yang signifikan (b) interaksi antara penilaian formatif autentik dengan kemampuan numeric terhadap hasil belajar permesinan CNC terdapat interaksi yang signifikan. (c) Hasil belajar Permesinan CNC anta peserta didik yang diberi penilain formatif autentik bentuk project work lebih tinggi dari pada hasil belajar permesinan CNC Peserta didik yang diberi penilaian formatif autentik bentuk unjuk kerja pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan numeric rendah terdapat perbedaan yang sangat signifikan. (d) hasil belajar permesinan CNC antara peserta didik yang diberi penilain formatif autentik bentuk project work lebih tinggi dari pada hasil belajar permesinan CNC peserta didik yang diberi penilaian formatif autentik bentuk Unjuk kerja pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan numeric rendah terdapt perbdaan yang sangat signifikan. Diharapkan dapat bmenjadi referensi pengembangan penilaian formatif autentik project work dan unjuk kerja di dalama lanoratorium manufaktur sesuai dengan kemampuan numeric peserta didik yang tinggi maupun yang rendah. Penggunaan pre test pada saar awal kuliah untuk mengelompokan yang mempunyai kemampuan numeric dapat membantu dalam mementukan penggunaan penilaian yang sesuai dengan kemampuan numeric peserta didik.