Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program Adiwiyata dengan menggunakan model evaluasi context, input, process, dan product (CIPP) melalui komponen-komponen Adiwiyata yang telah ditetapkan di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada warga sekolah yang terkait dengan program adiwiyata yang terbagi menjadi kepala SDN Kelapa Dua 06 Jakarta Barat, Guru Kelas, tim adiwiyata, duta lingkungan, penjaga kantin, komite, dan orang tua peserta didik. Komponen conteks visi, misi, dan tujuan sekolah telah memuat upaya periindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Komponen input anggaran yang digunakan hanya 28% dari total anggaran sebesar Rp 985.960.000 sehingga dalam pengembangannya sangat terbatas. SDM yang dimilikinya sudah memiliki kemampuan dalam menerapkan program adiwiyata hanya saja terkendala dengan waktu. Struktur kurikulum yang digunakan sudah disesuaikan dengan program adiwiyata. Komponen process, SDN Kelapa Dua 06 Jakarta Barat sudah tidak diragukan lagi karena karakter siswanya sudah terbentuk sehingga koordinator hanya mengarahkan serta mengembangkan kepekaannya terhadap lingkungan. Komponen product yang dihasilkan cukup banyak, baik akademik maupun non akademik.