Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program Adiwiyata dengan
menggunakan model evaluasi context, input, process, dan product (CIPP)
melalui komponen-komponen Adiwiyata yang telah ditetapkan di
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 Tentang
Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yaitu dengan
mendapatkan data secara ilmiah meliputi pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan
kepada warga sekolah yang terkait dengan program adiwiyata yang terbagi
menjadi kepala SDN Kelapa Dua 06 Jakarta Barat, Guru Kelas, tim
adiwiyata, duta lingkungan, penjaga kantin, komite, dan orang tua peserta
didik.
Komponen conteks visi, misi, dan tujuan sekolah telah memuat
upaya periindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Komponen input
anggaran yang digunakan hanya 28% dari total anggaran sebesar Rp
985.960.000 sehingga dalam pengembangannya sangat terbatas. SDM yang
dimilikinya sudah memiliki kemampuan dalam menerapkan program
adiwiyata hanya saja terkendala dengan waktu. Struktur kurikulum yang
digunakan sudah disesuaikan dengan program adiwiyata. Komponen
process, SDN Kelapa Dua 06 Jakarta Barat sudah tidak diragukan lagi
karena karakter siswanya sudah terbentuk sehingga koordinator hanya
mengarahkan serta mengembangkan kepekaannya terhadap lingkungan.
Komponen product yang dihasilkan cukup banyak, baik akademik maupun
non akademik.
|