Abstrak  Kembali
Program pendidikan bahasa Jepang merupakan bagian dari program bahasa asing yang masuk ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia sejak 2004 hasil kerjasama antara Japan Foundation dan kementrian pendidikan Indonesia. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan program pendidikan bahasa Jepang yang telah berjalan lebih dari 7 tahun dengan mengevaluasi berbagai komponen di dalamnya. Evaluasi implementasi program pendidikan bahasa Jepang dilakukan di SMAN 5 Kota Tangerang Selatan, dengan mengunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari 4 komponen yaitu 1) Context/konteks, 2) Input/masukan, 3) Process/proses, dan 4) Product/produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan 3 langkah yaitu mendeskripsikan data, reduksi data dan menyimpulkan. Teknik penelitian yang digunakan untuk dapat mengevaluasi seluruh komponen dengan menyeluruh yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen.