Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan porgram paket C di PKBM Delima berdasarkan komponen masukan, proses dan dampak. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model countenance yang dikembangkan oleh Stake. Subyek dalam penelitian ini meliputi Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Penyelenggara PKBM, Tutor, Warga Belajar dan Lulusan. Hasil evaluasi dikelompokkan berdasarkan model evaluasi Countenance yaitu pada komponen antecedents dievaluasi beberapa indikator diantaranya kebijakan, warga belajar, tutor, kurikulum, sarana dan prasana, pembiayaan. Semua indikator yang dievaluasi yang memenuhi kriteria evaluasi adalah kebijakan, warga belajar, dan pembiayaan. Sehingga pada aspek masukan diperlukan perbaikan diantaranya penyediaan tutor yang memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 serta kesesuaian antara ijazah dengan mata pelajaran yang diajar. Terdapat hambatan dalam sarana dan prasarana yaitu dalam penyediaan sarana untuk pembelajaran yaitu media pembelajaran, perpustakaan dan sarana pendukung dalam meningkatkan keterampilan. Pada komponen transactions indikator yang dievaluasi diantaranya perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dari kesemua indikator tersebut telah sesuai dengan standar proses namun perlu perbaikan pada proses pembelajaran agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan, sehingga tujuan program paket C ini tercapai. Pada komponen outcomes yang dievaluasi yaitu kelulusan dan dampak setelah mengikuti program. Hasilnya yaitu tingkat kelulusan warga belajar di PKBM Delima hampir 100%. Manfaat yang diperoleh warga belajar setelah mengikuti program paket C ini diantaranya melanjutkan pendidikan, menggunakan ijazah untuk mendapatkan pekerjaan, serta digunakan untuk memperbaiki pekerjaan yang sudah dijalani seperti kenaikan pangkat. Dari aspek manfaat program belum adanya manfaat langsung yang diberikan oleh penyelenggara sebagai bekal bagi warga belajar yang telah lulus.