Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) Sikap dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris (3) Sikap, kecerdasan emosi, dan motivasi dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SMA Muhammadiyah se-Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara sikap dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris (3) terdapat hubungan positif antara motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris (4) terdapat hubungan positif antara sikap, kecerdasan emosi dan motivasi membaca bahasa Inggris secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah se-Kota Administrasi Jakarta Selatan, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jakarta sebanyak 148 siswa, SMA Muhammadiyah 5 sebanyak 139 siswa, dan SMA Muhammadiyah 18 sebanyak 129 siswa, sehingga total populasi berjumlah 416 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 81 orang dengan menggunakan teknik proporsional Random Sampling.