Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh evaluasi formatif dan gaya belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan evaluasi formatif uraian dan pilihan ganda. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi target adalah seluruh siswa SMP Negeri B. Srikaton. Pupulasi terjangkau kelas VIII SMP Negeri B.Srikaton yang terdiri dari tujuh kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang berbeda hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif uraian dan kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif pilihan ganda (Fhitung = 9,477 > 4,05 =Ftabel); (2) terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field dependent (Fhitung = 4,709 > 4,05 = Ftabel); (3) terdapat interaksi antara pemberian bentuk tes formatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Fhitung =36,720 > 4,05 = Ftabel). Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa bentuk tes formatif dan gaya belajar siswa dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Imu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian ini diharapkan untuk memberikan suatu gambaran secara komprehensif tentang perbedaan hasil penggunaan bentuk tes formatif dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga para guru dan dosen dapat mengadakan estimasi tentang keefektifan suatu tes yang akan digunakan dan dapat menjadi bahan masukan yang beguna bagi para pengelola pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya dan pengembangan tes pada khususnya.