Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dalam discovery learning dan penguasaan pilihan kata dan ada tidaknya pengaruh interaksi antara keduanya terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Media pembelajaran yang dieksperimenkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual dan media pembelajaran cetak dalam discovery learning. Sedangkan penguasaan pilihan kata dibedakan atas penguasaan pilihan kata tinggi dan penguasaan pilihan kata rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Pengukuran variabel kemampuan menulis cerita pendek menggunakan tes tulis dan penguasaan pilihan kata menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tuckey untuk melihat interaksi kelompok. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji kesamaan dua varians.