Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian evaluasi ini adalah melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan pendidikan inklusif di SDK. Santa Maria Assumpta. Hasil studi evaluasi ini berupa informasi tentang pelaksanaan model pendidikan inklusif di sekolah lain. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif evaluatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informasi yang didapat dari informan warga sekolah yakni: Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Khusus, Anak Normal/ Anak ABK dan Orang Tua Siswa ABK. Data diverifikasi melalui proses trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian, evaluasi ini menggunakan analisis countenance atau STAKE dengan tiga komponenya yaitu: Evaluasi antecedents meliputi aspek sistem perekrutan, kurikulum, kalender akademik, sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Evaluasi transaction meliputi aspek model layanan dan setting kelas, pemahaman guru, program pembelajaran yang diindividualisasikan, mengembangkan sarana dan prasarana, mengakomodasi perbedaan individual, menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi outcomes meliputi aspek prestasi akdemik, hasil ujian dan keterserapan. Hasil analisis informasi menunjukan pelaksanaan program pendidikan inklusi di SDK. Santa Maria Assumpta belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan kebijakan atau standar yang ditetapkan pemerintah, terlihat dari sistem perekrutan yang masih dibatasi, kurikulum yang masih reguler, sarana dan prasarana yang masih jauh dari standar kelas inklusi, guru khusus ABK dan guru kelas yang masih kurang dan belum efektif menangani ABK dan prestasi akademik yang belum mendukung terlaksanaya program pendidikan inklusi di SDK. Santa Maria Assumpta.