Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran laboratorium di Program Studi Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif analitik. Data diperoleh melalui penyebaran wawancara dan penyebaran angket kepada mahasiswa semester II, IV dan VI secara acak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu persepsi mahasiswa atas kehandalan dosen petugas laboratorium dalam pelaksanaan pembelajaran praktek laboratorium dengan akurat, daya tanggap dosen dan petugas laborat dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa secara cepat dan dengan segera, kepastian dosen untuk menepati janji dan melengkapi sarana prasarana dalam praktikum, empati dosen dan pengelola mengenai perhatian terhadap kepentingan praktikum, dan wujud dimana ketersediaan ruang laboratorium, peralatan, kebersihan dan kerapihan berhubungan secara bermakna dengan variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa (p < 0,05). Mahasiswa berpendapat bahwa persepsi mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis univariat bahwa semua variabel independen dengan persepsi baik yaitu diatas 60%. Namun yang paling dominan yaitu persepsi mengenai empati dosen dan pengelola Program Studi Kebidanan, dalam memberikan perhatian mengenai pentingnya pembelajaran praktek laboratorium. Walaupun dilihat dari hasil penelitian bahwa persepsi mutu mahasiswa baik (>60%), Program Studi Kebidanan UNSIKA harus terus berupaya meningkatkan kualitas dalam segala hal khususnya dalam program pembelajaran praktek Laboratorium, agar mahasiswa dalam proses pembelajarannya dapat maksimal, sehingga harapannya ilmu dan pengalaman belajar praktek laboratorium dapat diaplikasikan dengan baik di masyarakat.