Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, menguji, membuktikan dan mengetahui pengaruh efikasi diri (self-efficacy) dan kecemasan matematika (mathematics anxiety) tehadap kemampuan berpikir kritis matematika. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif efikasi diri (self-efficacy) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. 2) Terdapat pengaruh langsung negatif kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. 3) Terdapat pengaruh langsung negatif efikasi diri (self-efficacy) terhadap kecemasan matematika (mathematics anxiety). Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Karya Agung di Kecamatan Ciledug sebanyak 669 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Karya Agung di Kecamatan Ciledug sebanyak 248 siswa. Sampel penelitian sebanyak 148 siswa menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrument tes uraian untuk variabel kemampuan berpikir kritis matematika dan instrument kuesioner untuk mengumpulkan data efikasi diri (self-efficacy) dan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Pengujian Validitas menggunakan Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.