Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penilaian guru tentang kegiatan MGMP (X1) dan motivasi berprestasi (X2) terhadap kompetensi professional guru dalam membuat soal (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif penilaian guru tentang kegiatan MGMP terhadap kompetensi professional guru dalam membuat soal, (2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi guru terhadap kompetensi professional guru dalam membuat soal, (3) terdapat pengaruh langsung positif penilaian guru tentang kegiatan MGMP terhadap motivasi berprestasi guru. Penelitian ini mengambil tempat pada MGMP PPKn setingkat SMP di kota Pekanbaru dengan peserta 134 Sekolah Menengah Pertama. Populasi berjumlah 186 guru yang terbagi ke dalam 11 kelompok MGMP. Guna menentukan sampel, maka rumus yang digunakan adalah rumus Slovin dengan hasil perhitungan didapat sampel sebanyak 127 guru. Untuk menetapkan jumlah sampel pada masing- masing strata maka digunakan teknik secara proporsional. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk variabel penilaian guru tentang kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi guru dengan menggunakan skala penilaian dan analisis butir soal buatan guru menggunakan iteman untuk variabel kompetensi professional guru dalam membuat soal. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Galat Taksiran (liliefors) dan uji homogenitas varians. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur.