Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar seni budaya siswa dalam memainkan alat musik rekorder sopran. Di samping itu juga diteliti adakah interaksi antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar seni budaya siswa.Metode yang dipakai adalah ekesperimen dengan disain factorial 2 x 2. Populasi target adalah seluruh siswa MI Pembangunan UIN Jakarta sebanyak 1342 siswa dengan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas III F dan III H Sebagai sampel penelitian sebanyak 62 Orang siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Hasil belajar Seni Budaya siswa yang diajar menggunakan Metode pembelajaran Drill lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi. (nilai Fhitung = 4.149> Ftabel = 4.11). Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar seni budaya siswa. (Fhitung = 108,893> Ftabel = 4,11). Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, hasil belajar seni budaya siswa yang diajar menggunakan metode drill lebih tinggi dari pada menggunakan demonstrasi. (Qhitung1 = 12.47> Qtabel = 3,88). Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hasil belajar seni budaya siswa yang diajar menggunakan metode drill lebih rendah dari pada menggunakan metode demonstrasi. (Qhitung2 = 8.40> Qtabel = 3,88).