Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa. Hipotesis yang diuji adalah: (1) hubungan positif antara profesionalisme guru, (2) status sosial ekonomi orang tua, dan (3) profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA. Metode yang digunakan adalah survey dengan menggunakan teknik stratified random sampling, model skala Likert, sedangkan prestasi belajar IPA siswa menggunakan kuesioner, dengan menggunakan variabel profesionalisme guru r11 = 0,869; status sosial ekonomi orang tua r11 = 0,898; dan prestasi belajar IPA siswa adalah sebesar r11 = 0,787. Hasil penelitian menunjukan, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan prestasi belajar IPA siswa, dengan persamaan regresi Ŷ = 4,32 + 0,09X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,37; pada taraf signifikan α = 0,05. Kemudian terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPA, dengan persamaan regresi Ŷ = 15,43 + 0,02X2 dan koefesien korelasi ry2 = 0,54; pada taraf signifikan α = 0,05. Selanjutnya, juga terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA, dengan persamaan Ŷ = -4,41 + 0,09X1 + 0,08X2 dan koefesien ry.12 = 0,19 pada taraf signifikan α = 0,05.