Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta dengan metode penelitian Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 40 orang siswa, dipilih berdasarkan teknik Cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan untuk gaya belajar digunakan skala Likers. Instrumen hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biserial dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Instrumen gaya belajar divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel gaya belajar sebesar r11 = 0,9623; dan untuk variabel hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi sebesar r11 = 0,9699.