Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengevaluasi program tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar Islam An-Nuriyah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Yayasan , kepala Sekolah Dasar Islam An-Nuriyah, guru tahfidz, siswa dan walimurid. Evaluasi dengan model CIPP mengevaluasi konteks,input,proses dan produk program tahfidzul Qur’an. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan program tahfidzul qur’an di SD Islam An-Nuriyah. Apakah sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh program tersebut atau tidak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dan latar belakang sesuai dengan visi dan misi sekolah dasar Islam an-nuriyah yaitu mendidik anak secara islam dan menjadikan anak –anak memiliki jiwa Qur’ani. dan dasar hukum program tahfidzul qur’an sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist. Kurikulum yang digunakan oleh penyelenggara program adalah berdasarkan kurikulum muatan lokal Sekolah Dasar Islam An- Nuriyah , jumlah staf mengajar program tahfidzul Qur’an berjumlah 17 orang dan jumlah siswa sebanyak 445 anak dari kelas satu sampai kelas enam , Metode yang dipakai dalam pelaksanaan program adalah metode campuran (metode gabungan antara metode kulli / keseluruhan dan metode juzzi / bagian). kompetensi pengajar program tahfidzul Qur’an adalah guru – guru yang memiliki hafalan minimal satu juz yaitu juz 30.