Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh kompetensi profesional guru dan pengetahuan tentang evaluasi terhadap kualitas tes IPA buatan guru Sekolah Menengah Pertama Kelas VII di Wilayah Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain hubungan kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes, non tes dan dokumenter. Teknik tes digunakan untuk menjaring data variabel pengetahuan tentang evaluasi, instrument non tes digunakan untuk menjaring data variabel kompetensi profesional guru. Sedangkan teknik dokumenter digunakan untuk menjaring data variabel kualitas tes IPA buatan guru. Untuk mendapatkan sampel penelitian ini digunakan teknik multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan, pertama terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kualitas test IPA, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p31= 0,62. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 62 %. Kedua, terdapat pengaruh langsung pengetahuan evaluasi terhadap kualitas test IPA buatan guru, hal tersebut ditunjukkan oleh koefisien jalur p32 = 0,61. Artinya kontribusi pengetahuan evaluasi yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 61 %. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap pengetahuan evaluasi, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p21=0,33. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi pengetahuan evaluasi adalah 33 %. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas tes IPA buatan guru akan lebih baik apabila guru meningkatkan kompetensi profesional yang dimilikinya. Selain itu, kualitas tes yang dibuat oleh guru akan memenuhi persyaratan tes yang baik apabila pengetahuan evaluasi yang dimiliki oleh guru ditingkatkan.