Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan motivasi kerja; 2) hubungan kedisiplinan guru dengan motivasi kerja; 3) hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kedisiplinan bersama-sama dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDN di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat yang berjumlah sebanyak 140 orang, setelah 30 orang diambil untuk di uji cobakan maka 110 orang digunakan sebagai sampel penelitian. Data gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kedisiplinan dengan motivasi kerja guru diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas, Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, dan korelasi sederhana serta korelasi parsial.