Abstrak  Kembali
Sampai saat ini keluhan pasien selalu berorientasi pada mutu pelayanan yang rendah, walaupun persepsi tentang mutu tidak selalu sama dengan apa yang dipersepsikan oleh para tenaga kesehatan yang ada di suatu rumah sakit. Dalam konteks prosedur asuhan kedokteran dan keperawatan ini tentunya akan berimplikasi terhadap biaya dan waktu. Biaya yang mahal dan waktu yang dibutuhkan untuk penegakan diagnose, sering dipersepsikan sebagai sesuatu pelayanan yang kurang bermutu sehingga timbul ketidakpuasan. Pasien selalu berorientasi pada mutu pelayanan yang rendah, walaupun persepsi tentang mutu tidak selalu sama dengan apa yang dipersepsikan oleh para tenaga kesehatan yang ada di suatu rumah sakit. Permasalahan terjadi ketika pelayanan keperawatan anak Rumah Sakit Islam Jakarta tidak serta merta dapat meningkatkan kepuasan keperawatan anak. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan keperawatan anak serta faktor apa saja yang menimbulkan ketidakpuasan di Rumah Sakit Islam Jakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data diperoleh dengan cara mendistribusikan kuesioner kepada keluarga (orang tua) pasien yang dirawat di Rumah Sakit Islam Jakarta. Analisa data yang digunakan berupa observasi, kuesioner dan dokumentasi, dengan unit analisis data Univariat, Bivariat dan Multivariat Pada analisis bivariat, baik dari analisis chi square maupun spearman correlation. Berdasarkan hasil spearman correlation menunjukkan nilai yang lebih kecil dari 0.05 (probabilitas > 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan keperawatan pada rumah sakit Islam. Sedangkan pada analisis multivariat, baik dari analisis multikolonearitas maupun regressi logistik secara keseluruhan memenuhi kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada Multikolonieritas antar variabel independen dalam model regresi, sedangkan pada analisis regressi logistik terlihat bahwa seluruh aspek kualitas pelayanan yang meliputi Tangibles, Emphaty, Reliability, Responsiveness, dan Assurance secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan keperawatan anak pada Rumah Sakit Islam Jakarta. Dari hasil penelitian ini bahwa kualitas pelayanan keperawatan anak di Rumah Sakit Islam Menghasilkan kepuasan.