Rumah Sakit Tria Dipa sebagai organisasi sektor publik yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan, dengan mengedepankan visi yang diemban Rumah Sakit Tria Dipa. Untuk mengembangkan pelayanan yang lebih baik dan berkelanjutan antara lain melalui inovasi dan strategi evaluasi kinerja. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard(BSC). Balanced Scorecardmemberikan suatu kerangka evaluasi kinerja yang komprehensif, seimbang dan terukur sebagai upaya untuk mencapai keunggulan dan bersaing perusahaan yang semakin kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja dan kondisi perusahaan dengan menggunakan 4 (empat) perspektif inti dalam Balanced Scorecard yaitu (1) perspektif keuangan, (2) perspektif pelanggan, (3) perspektif proses bisnis
internal, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan perspektif pelanggan dan bisnis internal, kinerja inslasi rawat inap Rumah Sakit Tria Dipa secara keseluruhancukup baik. Sedangkan pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa kepuasan karyawan dan kapabilitas informasi masih rendah dan retensi karyawan.
|