Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada SMK Al Irsyad Al Islamiyyah Haurgeulis tahun ajaran 2014/2015 dengan melibatkan 68 siswa kelas X sebagai sampel. Model penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan angket motivasi belajar siswa dengan koefisien reliabilitas masing-masing 0,778 dan 0,862. Data hasil eksperimen dianalisis dengan menggunakan teknik ANAVA dua arah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran IMPROVE lebih tinggi dibanding metode pembelajaran reciprocal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode IMPROVE lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Reciprocal, dengan perbedaan rata-rata yang signifikan, (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode IMPROVE tidak berbeda dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode reciprocal, karena perbedaan rata-rata yang tidak signifikan. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.