Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen keterampilan proses sains SMA dengan mengembangkan insrumen penilaian yang sahih dan handal untuk mengukur hasil akhir dari proses belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang melakukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Proses pengembangan dilakukan melalui 7 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, penyusunan produk, penilaian pakar, revisi produk, uji coba, produk final. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa SMA kelas XII yang ada di 5 sekolah di Tangerang Selatan yaitu SMAN 1, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 10. Perhitungan statistik validitas menggunakan software ITEMAN pada paket 1 menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan 0,533 dan relibilitas 0,873, sementara pada paket 2 nilai rata-rata keseluruhan 0,331 dan reliabilitas 0,597. Hal ini menunjukkan instrumen paket 1 dan 2 sudah cukup valid dan reliabel. Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) karakteristik instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains sudah memiliki uji validitas isi berdasarkan expert judgement berkategori layak, dan reliabilitas uji yang diestimasi bisa dikategorikan baik. 2) karakteristik instrumen keterampilan proses sains telah dibuktikan oleh validasi melalui pengujian second order CFA pada paket 1 dan 2 dengan software LISREL 8.8. Hasil menunjukkan bahwa paket 1 ini memiliki p-value = 0,000 (p<0,05) dan RMSEA = 0.051 (RMSEA<0,1). Hasil ini menunjukkan bahwa model fit dengan data. Sementara padap paket 2 menghasilkan p-value = 0,000 (p<0,05) dan RMSEA = 0.061 (RMSEA<0,1). Hasil ini juga menunjukkan bahwa model fit dengan data. Pada pengujian melalui Item Response Theory (IRT) dengan software QUEST menghasilkan 76 item yang fit. Pengujian DIF menunjukkan 75 item tidak DIF.