Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran STAD. (2) Terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang memiliki sikap siswa positif diajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran STAD. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang memiliki sikap siswa negatif diajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain treatment by levels. Metode eksperimen berfungsi untuk mengetahui pengaruh dua variabel bebas, yaitu metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap satu variabel terikat, yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) SMP Negeri di Jakarta Barat. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 69 Jakarta Barat dengan jumlah kelas sebanyak 7 kelas dan jumlah siswa sebanyak 268 orang. Sampel peneltian sebanyak 52 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data sikap siswa adalah kuesioner. Sedangkan untuk instrumen hasil belajar Bahasa Indonesia dalam bentuk tes pilihan ganda.